Jumat, 09 November 2012

ISD


Ilmu sosial dasar adalah salah satu mata kuliah dasar umum yang merupakan matakuliah wajib yang diberikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Tujuan diberikannya mata kuliah ini adalah semata-mata sebagai salah satu usaha yang diharapkan dapat memberikan bekal kepada mahasiswa untuk dapat peduli terhadap masalah – masalah sosial yang terjadi dilingkungan dan dapat memecahkan permasalahan tersebut dengan menggunakan pendekatan ilmu sosial dasar.
Untuk menjawab berbagai tantangan dan persoalan dalam kehidupan sehari-hari, maka lahirlah berbagai cabang ilmu pengetahuan. Ilmu Sosial Dasar merupakan ilmu analisis atas aneka fenomena sosial masyarakat dengan segala dinamika dan implikasinya dari sudut pandang kajian dasar falsafah keilmuan.  Sudah bukan rahasia lagi bahwa segala bentuk kebudayaan, tatanan hidup, dan sistem kemasyarakatan terbentuk karena interaksi dan benturan kepentingan antara satu manusia dengan manusia lainnya. Sejak zaman prasejarah hingga sejarah, manusia telah disibukkan dengan keterciptaan berbagai aturan dan norma dalam kehidupan berkelompok mereka. Dalam berbagai keterciptaan itulah ilmu pengetahuan terbukti memainkan peranan yang signifikan.
Secara Spesifik kemampuan pribadi yang hendak di capai melalui Mata Kuliah Dasar Umum bertujuan menghasilkan warga negara sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut :
1.        Taqwa kepada tuhan yang maha esa , bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya, dan memilki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain.
Agar kita selalu senantiasa bertakwa menjalani perintah sesuai dengan ajaran Tuhan nya masing-masing, tidak melakukan hal apa pun yang melanggar perintah Tuhan, dan berusah bersikap sebaik mungkin terhadap sesama orang lain walaupun berbeda agama. Karena memilih tuk memeluk agama itu ialah hak tersendiri dan sebaik-baiknya umat ialah saling menghargai sesama.
2.        Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan nilai-nilai pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
Berjiwa nasionalisme, mementingkan kepentingan bersama dari pada kepentingan diri sendiri, mengutamakan hal yang lebih baik untuk umum dari pada untuk pribadi. Diharapkan untuk bisa bersikap sesuai dengan butir-butir pada Pancasila, agar apa pun yang akan dilakukan itu mencerminkan suatu nilai yang baik dan tidak sampai melakukan perbuatan yang salah.
3.        Memiliki wawasan sejarah perjuangan bangsa, sehingga dapat memperkuat semangat kebangsaan, mempertebal cinta tanah air, meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara, mempertinggi kebanggan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
Banyak dari kita pada saat ini tidak begitu memahami akan sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada saat dahulu. Karena yang dirasakan saat ini Indonesia sudah merdeka tanpa banyak yang tahu bagaimana sejarah nya untuk mencapai kemerdekaan tersebut. Diharapkan kita sebagai masyarakat bangsa Indonesia agar mengetahui betul sejarah bangsa ini untuk meningkatkan kecintaan terhadap negeri ini dan mempertebal rasa nasionalisme terhadap sesama.
4.        Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan kehidupan, baik sosial, ekonomi, politik, pertahanan keamanan maupun kebudayaan.
Saat ini banyak orang yang mudah putus asa menyikapi kenyataan hidup, mereka terlebih berdiam dengan keadaan yang diterimanya saat ini, tanpa ada rasa untuk bangkit menjadi manusia yang lebih baik. Semua itu dikarenakan ilmu pengetahuan nya yang rendah, kurang nya asupan pendidikan pada waktu usia dini. Untuk itu diharapkan pendidikan dapat merata diseluruh pelosok negeri. Agar masyarakat memiliki wawasan yang baik dalam menyikapi segala permasalahan yang akan datang.
5.        Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama sama mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya, maupun tentang lingkungan alamnya secara bersama sama serta di dalam pelestariannya.
Tidak hanya wawasan umum, pengetahuan terhadap budaya negeri sendiri pun sangat diperlukan, agar tidak hilang kebudayaan-kebudayaan yang sudah ada karena perubahan jaman yang semakin modern.
Dalam perkuliahan Ilmu Sosial Dasar sebagai bagian dari mata kuliah dasar umum adalah hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan tersebut dapat mewujudkan adanya kenyataan kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial dan inilah yang menjadi pusat perhatian dari Ilmu Sosial Dasar dan yang penelaahannya menggunakan pendekatan berbagai disiplin (interdisiplin dan atau multidisiplin) dengan memanfaatkan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari lapangan ilmu-ilmu sosial seperti sejarah, ekonomi. Ilmu sosial dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu sosial dasar yang dipadukan, karena ilmu sosial dasar tidak memiliki objek dan metode ilmiah tersendiri dan juga tidak mengembangkan suatu penilitian sebagaimana suatu disiplin ilmu seperti ilmu-ilmu sosial diatas.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar
Sebagai salah satu dari mata kuliah dasar umum ilmu social dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar:
1.        Memahami dan menyadari kenyataan sosial dan masalah yang ada didalam masyarakat.
2.        Peka terhadap masala sosial dan tanggap untuk ikut dalam usaha menanggulanginya.
3.        Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat slalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya dan mempelajarinya secar kritis dan interdisipliner.
4.        Mahasiswa memiliki kesiapan untuk menekuni dunia keilmuan.
5.        Mahasiswa bisa mengerti dan memahami prinsip filsafaat ilmu sebagai landasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar